EFEKTIVITAS HUKUM PELAYANAN GIZI BAGI PASIEN RAWAT INAP ANAK DI RUMAH SAKIT TENTARA WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO

Shafira Dwinta, Alef Musyahadah Rahmah, Nurani Ajeng Tri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas hukum pelayanan gizi bagi pasien rawat inap anak dan pengaruh faktor kepuasan pasien, sarana dan fasilitas, dan komunikasi terhadap efektivitas hukum pelayanan gizi bagi pasien rawat inap anak di Rumah Sakit Tentara Wijayakusuma Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis dan spesifikasi penelitian deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Rumah Sakit Tentara  Wijayakusuma Purwokerto, dengan responden sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang responden. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling. Jenis sumber data meliputi data primer dan sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan kepustakaan. Data yang terkumpul diolah menggunakan teknik coding, editing, dan tabulasi serta dianalisis dengan distribusi frekuensi analisis, tabel silang analisis, analisis isi dan analisis perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas hukum pelayanan gizi bagi pasien rawat inap anak di Rumah Sakit Tentara Wijayakusuma Purwokerto adalah efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian terhadap 4 (empat) indikator meliputi efektifnya pelaksanaan assesmen gizi, efektifnya pelaksanaan diagnosis gizi, efektifnya pelaksanaan intervensi gizi, dan efektifnya pelaksanaan monitoring dan evaluasi gizi. Faktor kepuasan pasien, faktor sarana dan fasilitas, dan faktor komunikasi cenderung berpengaruh secara positif terhadap tingkat efektivitas hukum  pelayanan gizi bagi pasien rawat inap anak. Hal ini mengandung arti bahwa semakin tinggi tingkat kepuasan pasien, semakin baik sarana dan fasilitas serta semakin baik tingkat komunikasi, maka semakin efektif pula tingkat efektivitas hukumpelayanan gizi bagi pasien rawat inap anak.

Kata kunci : Efektivitas Hukum Pelayanan Gizi; Pasien Rawat Inap Anak; kepuasan pasien; Sarana dan Fasilitas; Komunikasi

Full Text:


PDF View

References


Literatur

Raharjo, Satjipto. 1986. Hukum dan Perubahan Sosial, Suatu Tinjauan Teoritis Serta Pengalaman-Pengalaman di Indonesia. Bandung: Alumni.

Soekanto, Soerjono. 2007. Pokok-Pokok Sosiologi Hukum. Jakrta: PT, Raja Grafindo Persada.

Jurnal Ilmiah

Fallah, Tatang S dan Atmarita, “Analisis Situasi Gizi dan Kesehatan Masyarakat”, Jurnal Hukum Kesehatan, Vol: 8 No. 1, 2004, hlm. 1.

Hanadi, Saryono, “Metodologi Penelitian Hukum Empiris”, Magister Ilmu Hukum Unsoed, 2008, hlm. 2.

Lumban Gaol, Analia, Kadarisman Hidayat, dan Sunarti, "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat kepuasan pasien Konsumen Dan Loyalitas Konsumen", Jurnal Ilmu Administrasi, 2012, hlm 126.

Sulistiyanto, Anggara Dwi, Oktia Woro Kasmini H, dan Eunike R. Rustiana, “Peran Petugas Gizi Dalam Memberikan Pelayanan Asuhan Gizi Pada Pasien Rawat Inap”, Jurnal Hukum Kesehatan Unnes, Vol: 6 No. 17, 2017, hlm. 1.

Weta, I Wayan, NL Pratiwi Wirasamadi, “Kecukupan Zat Gizi dan Perubahan Status Gizi Pasien Selama di Rawat di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar”, Jurnal Gizi Indonesia, Vol. 32 Denpasar, 2009, hlm. 140.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945,

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan,

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan dan Praktek Tenaga Gizi.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien.




DOI: https://doi.org/10.20884/1.slr.2022.4.2.179

Article Metrics

Abstract view : 422 times
PDF - 412 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      SOEDIRMAN LAW REVIEW indexed by :

       

 

Redaksi Soedirman Law Review
Gedung Yustisia 1
Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Prof. H.R. Boenyamin No. 708 Grendeng, Purwokerto Utara, Banyumas, Telp. 0281 - 638339
E-mail : soedirmanlawreview@gmail.com

     

     Jurnal Soedirman Law Review by Fakulty of Law, Jenderal Soedirman University is licensed under Attribution 4.0 International