Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Soedirman Law Review?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Redaksi Soedirman Law Review menerima naskah karya tulis imiah berupa artikel hasil Penelitian di bidang hukum. Naskah belum pernah dimuat atau sedang diajukan untuk dimuat dalam media lain. Naskah yang dikirimkan akan dibahas oleh editor bersama reviewer sesuai bidang keilmuan untuk menentukan kelayakan untuk dimuat. Naskah dikirim dalam bentuk file elektronik dengan menggunakan program Microsoft Word (Template naskah dapat diunduh < disini > untuk english version dan < disini > untuk versi bahasa Indonesia ). Kemudian tulisan dikirimkan secara daring melalui http://journal.fh.unsoed.ac.id dan email ke: soedirmanlawreview@gmail.com.

PEDOMAN PENULISAN

  1. Artikel yang diajukan dalam bentuk karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian.
  2. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang akan diproses melalui aplikasi e-journal pada situs http://journal.fh.unsoed.ac.id/
  3. Penulisan menggunakan standar bahasa yang baku, lugas, sederhana, mudah dipahami dan tidak mengandung makna ganda.
  4. Naskah dikirim dalam bentuk file dokumen Microsoft Word, menggunakan huruf Arial dengan panjang naskah berkisar antara 3.000-5.000 kata (satu kolom) dengan spasi 1. Ukuran kertas A4 dengan margin kiri 4 cm; margin kanan, atas dan bawah 3 cm. Naskah harus disertai abstrak dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan panjang antara 150-250 kata.
  5. Sistematika penulisan hasil penelitian meliputi: Judul Naskah, Abstrak (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) dengan outline sebagai berikut:
    Pendahuluan
    Rumusan Masalah
    Metode Penelitian
    Pembahasan
    Simpulan
    Saran
    Daftar Pustaka
  6. Artikel harus memenuhi minimal 20 referensi primer (jurnal atau prosiding), penggunaan referensi sekunder seperti buku, rilis website, laporan, dan lain-lain masih diperbolehkan namun tidak masuk dalam hitungan 20 referensi yang diwajibkan dari referensi primer.

    Gunakan Reference Manager seperti Mendeley / Zotero, dan pastikan referensi jurnal memiliki DOI. Gunakan gaya "Chicago Manual of Style 17th edition (full note)". Daftar pustaka tidak disusun secara manual, tetapi dibuat dari Reference Manager.
  7. PENJELASAN SISTEMATIKA PENULISAN

    1. Judul
      Judul terdiri dari maksimal 16 kata dan mencerminkan ide yang diajukan. Constantia Bold (16 Pt)

    2. Identitas Penulis
      Penulis tidak perlu menuliskan nama dan afiliasi mereka, Jurnal akan mengambilnya dari metadata.

    3. Abstrak
      Abstrak ditulis dalam kisaran 150-250 kata, yang terdiri dari bagian-bagian berikut secara berurutan: 1) fakta sosial/masalah utama dari judul. 2) tujuan/rumusan masalah, 3) metode, 4) hasil, 5) kesimpulan, 6) saran. Ditulis dengan menggunakan huruf Constantia (9Pt).

    4. Kata Kunci
      Kata kunci disusun berdasarkan abjad dan terdiri dari tiga sampai lima kata/frasa yang dipisahkan dengan titik koma (;)

    5. Pendahuluan
      Template ini dirancang untuk membantu para penulis dalam menyiapkan manuskrip. Ini merupakan format tampilan yang persis diharapkan oleh editor jurnal. Untuk menggunakan template ini, cukup Save As ke dokumen Anda, kemudian copy dan paste dokumen Anda di sini untuk English Version dan sini Untuk Indonesian Version. Pendahuluan harus menjelaskan kebaruan dan kontribusi. Kebaruan dijelaskan dengan membandingkan dengan tiga (3) artikel lain, penulis harus menjelaskan perbedaan yang signifikan dari artikel tersebut (tidak boleh hanya berbeda pada lokasi penelitian). Kontribusi dijelaskan dengan menjelaskan manfaat artikel tersebut bagi komunitas ilmiah, baik bagi komunitas nasional maupun internasional (opsional).
    6. Rumusan Masalah
      Ketik pertanyaan naskah Anda di sini, Pertama, bagaimana.... dan Kedua, ..... (hindari menggunakan kata apa dalam perumusan masalah; Tidak pula bernuansa soal ujian seperti bagaimana pertimbangan hakim dan hanya mereportase regulasi)
    7. Metode Penelitian
      Jelaskan tujuan artikel terlebih dahulu, kemudian jelaskan jenis dan pendekatan yang relevan untuk mencapai tujuan tersebut. Berikan penjelasan rinci tentang data, bukan hanya menyebutkan data primer, sekunder, tersier, atau menyebutkan hirarki peraturan. Data primer harus menjelaskan bagaimana informan dipilih dan subjek wawancara yang digunakan. Data sekunder yang berupa peraturan, dokumen, atau referensi harus dijelaskan secara rinci, dan bagaimana cara memperoleh data tersebut. Bagian akhir harus menjelaskan bagaimana data tersebut dianalisis.

    8. Pembahasan

      Hasil harus jelas dan ringkas. Diskusi harus mengeksplorasi signifikansi penelitian. Hindari kutipan dan diskusi yang ekstensif terhadap literatur yang telah dipublikasikan.

      Tabel dan grafik (jika ada) dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal, dan harus diberi komentas atau dibahasakan. Kutipan (referensi) disisipkan dalam bentuk bodynote. Setiap kolom tabel harus diberi tajuk/heading.

    9. Simpulan
      Kesimpulan utama dari penelitian dapat disajikan dalam bagian kesimpulan yang singkat. Bagian kesimpulan harus mengarahkan pembaca pada hal penting dari makalah tersebut.

    10. Saran 
      Penulis harus memberikan saran atau rekomendasi yang berkaitan dengan penelitian lebih lanjut.

    11. Daftar Pustaka

      Artikel harus memenuhi minimal 20 referensi primer (jurnal atau prosiding), penggunaan referensi sekunder seperti buku, rilis website, laporan, dan lain-lain masih diperbolehkan namun tidak masuk dalam hitungan 20 referensi yang diwajibkan dari referensi primer.

      Gunakan Reference Manager seperti Mendeley / Zotero, dan pastikan referensi jurnal memiliki DOI. Gunakan gaya "Chicago Manual of Style 17th edition (full note)". Daftar pustaka tidak disusun secara manual, tetapi dibuat dari Reference Manager.

    KETENTUAN LAINNYA
    1. Penulis harus menyertakan Surat Pernyataan Keaslian Tulisan dan Izin Penerbitan pada saat mengirimkan tulisan secar adaring (lihat Form Orisinal dan Persetujuan);
    2. Isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi, dan redaksi berhak mengedit redaksional tanpa mengubah arti;
    3. Naskah yang belum memenuhi syarat akan dikonfirmasi atau dikembalikan untuk diperbaiki;
    4. Komunikasi terkait Karya Tulis Ilmiah yang diusulkan dapat menghubungi redaksi Soedirman Law Review melalui email: soedirmanlawreview@gmail.com;
    5. Tahapan pengiriman naskah pada http://journal.fh.unsoed.ac.id/, sebagai berikut:
      • Lakukan registrasi (REGISTER) dengan mengisi data pada form yang tersedia, kemudian pada pilihan "Register as" pilih/klik Reader dan Author;
      • Setelah registrasi, lakukan login dengan memasukkanusername dan password yang telah dibuat;
      • Pada saat login, ikuti petunjuk dan lakukan upload Naskah pada kolom yang tersedia;
      • Lakukan pengecekan secara berkala pada Akun E-Journal anda untuk mengetahui apakah naskah yang telah dikirimkan memiliki perbaikan dari editorsection editor maupun dari peer-reviewer.

    Chicago Manual of Style 17th Edition

    Gunakan Reference Manager seperti Mendeley / Zotero, dan pastikan referensi jurnal memiliki DOI. Gunakan gaya "Chicago Manual of Style 17th edition (full note)". Daftar pustaka tidak disusun secara manual, tetapi dibuat dari Reference Manager. 

    Download template naskah penulisan Soedirman Law Review < disini > untuk English Version dan disini > untuk Indonesian Version
    Download form orisinal dan persetujuan < disini >

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is 1,15 spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.